Jumat, 22 Januari 2010

CARA MEMBUAT TELUR ASIN



Sekarang tidak hanya di kampung ataupun di kota,telur asin sudah menjadi dagangan dan makanan sehari-hari.cara makannya pun tidak perlu di makan dengan nasi,dimakan langsung juga terasa nikmatnya.
Jika sengaja kita membeli,pasti harganya lebih mahal dari telur sewajarnya.mengapa demikian???
sebab telur asin sudah di olah sebelumnya.dalam pembutannya sangat mudah sekali.
kita harus memilih telur yang akan di buat telur asin tersebut,awas jangan sampai memilih telur yang sudah pecah.misalnya telur yang kelihatan kulitnya retak,telur yang sudah di erami juga bagus dan bisa digunakan meski belum menjadi anak.telur tersebut pasti sudah rusak begitu juga telur yang sudah lama disimpantidak bagus untuk di buat telur asin.kalu begitu telur yang seperti apa yang bagus untuk di jadikan telur asin???
Telur yang bagus bisa terlihat jika kita melihat dari selubung kertas,sambil diarahkan pada cahaya sinar matahari atau lampu.kelihatnnya bersih,bening tidak buram.begitulah cara memilih telur yang bagus.sambil di pilih dan di cuci.kemudian disimpan di tempat yang sudah di sediakan sampai kering.
Selanjutnya haluskan garam dan batu bata merah sampai halus sekali jika perlu saring lebih dulu.jika garam dan batu bata sudah terlihat halus kemudain campurkan keduanya sampai tercampur rata.perbandingan antara serbuk bata dan garam yaitu,jika 2 liter serbuk bata harus di campur 1 liter garam yang sudah halus.takarannya sebandig dengan telur yang akan di olah menjadi telur asin.lalu dicampur rata sampai menjadi satu adonan yang kental.
Adonan tersebut dipakai untuk melumuri telur yang sudah di bersihkan tadi.melumurinya seperti akan memplester tembok pada telur tersebut.dan jangan sampai tidak rata dan hati-hati jangan sampai adonan kurang.sesudah dilumuri telur tersebut simpan kembali di wadah,dirapikan atau diatur sampai kelihatan rapi,sesudah itu diamkan kurang lebih 10 hari lamanya.
Sesudah 10 haei telur tersebut di bersihkan sambil kita mempersiapkan panci untuk merebus telur tersebut.sesudah direbus maka telur sudah siap disajikan.
SELAMAT MENCOBA & WILUJENG NEDA......................


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bapa,bagaimana caranya jika kita ingin menyisipkan gambar pada posting yang akan saya buat.........????????